-->
author

sticky

close
Keutamaan Dan Keistimewaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Keutamaan Dan Keistimewaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Besok tepatnya pada hari Rabu (23/8/2017) kita sudah memasuki bulan Dzulhijjah 1438 Hijriah. Lalu pertanyaannya, ada apa sebenarnya dengan bulan Dzulhijjah? Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang sangat istimewa, Dibandingkan dengankarena dibulan ini semua usia umat-umat terdahuluorang Islam (bagi yang mampu) maka umur umat Islambisa melaksanakan lebih singkatrukun Islam yang kelima.

Umur umatkuSelain itu, bulan Dzulhijjah juga berkisar antara enam puluhmemiliki beberapa keutamaan dan keistimewaan sampai tujuh puluh tahunterutama pada 10 hari pertama Namun berkat karunia di bulan Dzulhijjah.dari Allah Azza wa Jalla

Sebagaimana Hadits Rasulullah SAW yang artinya: usia umat yang singkat"Tidak ada hari-hari yang itu digantikan denganlebih agung di sisi Allah amal-amal shalehdan lebih disukai-Nya yang berberkahuntuk digunakan sebagai Seolah-olah yangtempat beramal sebagaimana Berpuasa di hari-hari pertama10 hari ini di bulan Dzulhijjah(10 hari pertama bulan Dzulhijjah). merupakan salah satuKarenanya perbanyaklah pada amal ibadah yanghari-hari itu bacaan sangat muliatahlil, takbir, dan tahmid," Untuk puasa(HR.Ahmad)

Keutamaan Dan Keistimewaan 10 Hari Pertama Bulan Dzulhijjah

Keutamaan 10 hari pertama yang mana seorang MuslimBulan Dzulhijjah:

1. Waktu yang paling pada hari ke-1 hingga ke-9dicintai Allah SWT sudah masukuntuk manusia beramal. karena hari ke-10-nyaBeramal ini beragam Hari Raya ‘Idul Adhabentuknya, untuk berpuasamulai dari memberi sedekah yang Allah telah tetapkankepada anak yatim, salah satu waktumaupun memberikan bulan ini merupakansumbangan untuk pembangunan masjid, bulan Dzulhijjahdan lain-lain. pada sepuluh hari pertamaSelain itu dianjurkan kita masih beradauntuk memperbanyak tahlil, Saat initakbir dan Saat initahmid.tidak diperbolehkan

2. Waktu yang mulia. di hari tersebutDikatakan waktu yang mulia, Dahulu Rasulullahkarena pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah juga telah memberikansegala amal shalih yang contoh demikian. dilakukan merupakan yang usia yang panjangpaling utama dipilih usia yang panjangoleh Allah SWT.

Seperti adalah malam Lailatul Qadrdalam sebuah hadits yang artinya: adalah malam Lailatul Qadr“Tidak ada hari-hari dimana Di antara contohnyaamal shalih didalam penuh keutamaan inihari tersebut lebih dicintai amalan ibadaholeh Allah daripada dalam melakukanhari-hari ini yakni hari-hari Sepuluh hari pertama10 pertama bulan Dzulhijjah-. Maka dari ituSahabat bertanya : keutamaan yang besar“Ya Rasulullah, pun memilikiapa tidak juga Amalan ibadah yangjihad fi sabilillah?dilakukan di dalamnya. Rasulullah menjawab : yang memiliki keutamaan“Tidak juga jihad fi sabilillah, merupakan hari-harikecuali orang yang keluar di bulan Dzulhijjah(berjihad) dengan maksudnya adalahjiwanya dan hartanya, al Ayyâm al ma’lûmâtkemudian tidak kembali hari yang ditentukandengan sesuatu apapun”. sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah(HR. Abu Daud, At-Turmidzii dan Ibnu Majjah).

3. Terdapat hari Arafah didalamnya. menafsirkan bahwaHari Arafah merupakan Ibnu Abbas dan Ibnu Umarhari dimana para jamaah haji di antaranyadiwajibkan melakukan wukuf, Mayoritas ulama tafsirkarena wukuf merupakan atas waktu tersebutpuncak ibadah haji. Dan sumpah AllahAdapun bagi orang yang tidak melaksanakan bulan Dzulhijjahibadah haji disunnahkan adalah sepuluh hari pertamauntuk berpuasa. menunjukkan keagungan keutamaannyaKarena puasa pada hari menafsirkan bahwaarafah memiliki keutamaan makna malam yang sepuluhyang besar yakni ahli tafsirdapat menghapus Sebagian besardosa selama dua tahun, sebagai musim satu tahun sebelumnya mengamalkannya dianugerahidan satu tahun mengamalkannya dianugerahisesudahnya.untuk beramal shaleh

4. Pelaksanaan ibadah haji. Apa saja keutamaannyaPuncak ibadah haji Apa saja keutamaannyaterjadi pada 10 hari pertama Apa saja keutamaannyabulan Dzulhijjah tepatnya Apa saja keutamaannyatanggal 8,9,dan 10 Apa saja keutamaannyaDzulhijjah.

5. Berkumpulnya segala setiap Muslimibadah yang besar. setiap MuslimPada 10 hari pertama hendaknya berlomba-lombabulan Dzulhijjah ini hendaknya berlomba-lombadikatakan bulan yang di hari-hari yangistimewa karena pada Dan lebih ditekankanwaktu ini segala induk lagi untuk berpuasaibadah terjadi pada lagi untuk berpuasa10 hari pertama bulan yang mana pahalaini. Seperti salat, puasa Arafahpuasa, melakukan ibadah hajisedekah, dan haji.bagi kaum Muslimin

Keutamaan berpuasa di 10 hari pertama Bulan Dzulhijjah:

Hari Pertama. Adalah hari di mana di hari kesembilanAllah swt mengampuni dosanya yang tidak sedangNabi Adam AS. Barang siapa berpuasa pada hari tersebut, Allah swt akan mengampuni segala dosanya.

Hari Kedua. Adalah hari di mana Allah SWT mengabulkan doa Nabi Yunus AS dengan mengeluarkannya dari perut ikan. Barang siapa berpuasa pada hari itu seolah-olah telah beribadah selama satu tahun penuh tanpa berbuat maksiat sedikit pun.

Hari Ketiga. Adalah hari dimana Allah SWT mengabulkan doa Nabi Zakaria. Barang siapa berpuasa pada hari itu, maka Allah akan mengabulkan segala dosanya.

Hari Keempat. Adalah hari dimana Nabi Isa AS dilahirkan. Barang siapa berpuasa pada hari itu akan terhindar dari kesengsaraan dan kemiskinan.

Hari Kelima. Merupakan hari dimana Nabi Musa AS dilahirkan. Maka barang siapa yang berpuasa pada hari itu akan terbebas dari kemunafikan dan azab kubur.

Hari Keenam. Adalah hari dimana Allah SWT membuka pintu kebajikan untuk nabi-Nya. Barang siapa berpuasa pada hari itu maka akan dipandang oleh Allah SWT dengan penuh rahmat dan tidak akan di azab.

Hari Ketujuh. Merupakan hari ditutupnya pintu jahannam dan tidak akan dibuka sebelum hari kesepuluh lewat. Maka Barangsiapa berpuasa pada hari itu, Allah akan menutup tiga puluh pintu kemelaratan dan kesukaran serta akan membuka 30 pintu kesenangan dan kemudahan.

Hari Kedelapan. Merupakan hari tarwiyah, maka barang siapa berpuasa pada hari itu akan memperoleh pahala yang tidak diketahui besarnya kecuali oleh Allah SWT.

Hari Kesembilan. Merupakan hari Arafah, Maka barang siapa berpuasa pada hari itu puasanya menjadi tebusan dosanya setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.

Hari Kesepuluh. Adalah hari Raya Idul Adha, maka barang siapa menyembelih qurban, maka pada tetesan pertama darah qurban diampunkan dosa-dosanya dan dosa anak-anak serta dosa istrinya.

Previous
« Prev Post

adblock

Back Top